JAKARTA - Setelah sempat mengalami penurunan persentase spam di awal November 2008, secara perlahan aktivitas spam kembali normal.

Pada awal November 2008 persentase email spam turun drastis karena adanya pemutusan McColo, yang diduga menjadi tempat penyimpanan sejumlah besar sistem komando dan pengendalian botnet. Namun secara perlahan, jumlah spam akhir-akhir ini meningkat drastis dan mengindikasikan bahwa aktivitas spam segera akan kembali normal. Meski spam memiliki kemungkinan besar untuk kalah dalam pertarungan ini namun dapat dipastikan bahwa perang spam belum akan berakhir.

Pada 11 November 2008 sekitar pukul 21:30, beberapa penyedia jaringan upstream memutuskan akses ke sistem hosting McColo.com, karena adanya pengaduan tindak kejahatan. Salah satu hasil dari tindakan ini adalah penurunan secara cepat dan tajam besar spam yang dikirim keseluruh dunia. Perubahan volume terlihat secara langsung pada Symantec probe network, yang melihat penurunan trafik sebesar 65 persen, dengan membandingkan trafik 24 jam sebelum McColo diputus dengan 24 jam setelahnya.

Dilansir melalui keterangan resmi Symantec, Selasa (16/12/2008), situasi pasca insiden tersebut menghadirkan beberapa temuan menarik. Di antaranya adalah fakta bahwa memutuskan satu koneksi perusahaan web hosting saja dapat� memberi dampak yang besar pada jumlah volume spam keseluruhan. Meskipun demikian, McColo.com memang diduga menjadi hosting bagi sejumlah besar sistem pengiriman dan pengendalian botnet, sehingga hal ini tidak terlalu mengherankan.

Selain peningkatan Spam dengan menggunakan hosting berbeda, Spam bulan ini diprediksi meningkat dengan menggunakan kedok tawaran belanja hadiah Natal dan promosi-promosi selama liburan. Didukung dengan spam yang masih mengatasnamakan kampanye presiden Amerika dan tawaran undian berhadiah yang mampu membuat pengaksesnya menjadi jutawan dalam waktu singkat, layaknya bermain Casino.