CALIFORNIA - Dell berencana untuk menghentikan netbook dengan layar 12 inchi. Ini mereka lakukan agar Dell bisa berkosenterasi dalam menjual netbook 10 inchi.

Netbook Dell yang berlayar 12 inchi itu sendiri akan keluar untuk pertama kalinya dari pasar di Inggris pada akhir tahun nanti. Bagi vendor terbesar kedua di dunia tersebut, kini saatnya bagi mereka untuk berkosenterasi pada netbook dengan ukuran keyboard dan layar yang dikecilkan.

Netbook layar 12 inchi sendiri pernah menjadi ladang keuntungan bagi Dell, karena popularitasnya yang melejit pada akhir tahun lalu. Namun seiring dengan masuknya netbook dengan layar 10 inchi yang semakin populer, seperti menjadikan sebuah peraturan kalau 10 inchi menjadi layar wajib sebuah netbook.

"Banyak dari pelanggan yang mulai beralih dan kesengsem dengan netbook yang memiliki layar 10 inchi. Dan lagipula, memang saatnya Dell berhenti menjual netbook 12 inchi," jelas juru bicara Dell Lionel Menchaca, seperti yang dilansir ZD Net, Selasa (11/8/2009).

"Salah satu faktor lain yang menjadi kunci adalah, netbook itu harus mudah dibawa keman-kemana. Sehingga, sangat riskan kalau netbook malah menjadi beban karena ukurannya yang berat," tandasnya.

Setelah keputusan ini, Dell berlahan akan melakukan pengurang pasokan netbook Inspiron Mini 12 inci. Lalu, Dell memutuskan waktu yang tepat untuk tidak lagi memproduksi Mini 12.
(srn)