WASHINGTON - Dalam upayanya menyaingi produk e-book Kindle besutan Amazon, Sony kini lebih serius berencana melengkapi produknya dengan peranti lunak berbayar. Selain itu, Sony pun mengubah e-book besutannya sesuai format standar industri e-book.

"Langkah ini akan membuat e-book Sony Reader kompatibel dengan perangkat apapun. E-book kami pun terbuka menerima konten dari banyak sumber," kata President Digital Reading Business Division, Steve Harber, seperti dikutip dari AFP, Jumat (14/8/2009).

Sony mengatakan, pihaknya akan mengubah e-book store Sony menjadi format ePub terbuka mulai akhir tahun ini. Dengan demikian, Sony berharap konsumen tidak lagi bingung dengan format buku digital yang ada.

Sony Reader akan dilengkapi peranti lunak copy-protection yang dikembangkan oleh Adobe. Nampaknya Sony ingin menunjukkan keseriusannya menggarap produk ini dan menjegal saingannya. Seperti yang diketahui, buku digital milik Amazon hanya dapat dibaca pada Kindle atau iPhone Apple yang menggunakan peranti lunak Kindle.

"Dengan konten dan format yang umum, mereka bisa membeli konten buku digital mereka dimanapun dan dari perangkat apapun," kata Harber.