BEIJING - Vendor PC ketiga terbesar di dunia, Lenovo Group, baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategisnya dengan raksasa e-business Alibaba dan produsen chip Intel dalam rangka menggarap pasar e-commerce yang tumbuh sangat pesat. Gebrakan ini diharapkan akan membantu Lenovo merebut pangsa pasar dari para pesaing.

"Sebagai langkah awal untuk memandai kemitraan tersebut, Lenovo akan meluncurkan produk desktop PC dengan desain khusus yang membidik e-commerce untuk UKM pada September mendatang," kata vice president Lenovo Xia Li, yang dikutip ChinaDaily, Senin (7/7/2008).

Desktop ini, menurut Xia, akan dilengkapi dengan platform Winport dari Alibaba yang memudahkan pengguna mengakses bisnis e-commerce secara efisien dan lebih mudah.

"Kami menemukan bahwa salah satu alasan UKM enggan mengembangkan e-commerce adalah karena kurangnya pengetahuan di bidang ini dan produk kami akan hadir membantu mereka," jelas Xia.

Kurang dari satu persen UKM di China mengembangkan e-business dari jumlah total sekira 42 juta. Namun pasar ini menunjukkan pertumbuhan yang cepat dalam beberapa tahun terakhir dengan jumlah pemain di sektor ini mencapai lebih dari 2.000.