Lenovo ThinkPad X300 notebook PC akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. Harganya berada di kisaran USD2000 dengan desain yang super tipis dan banyak fitur.

Notebook ultraportable ThinkPad X300 yang sangat tipis ini terukur kurang dari 19 milimeter dari titik tertipisnya, dan mempunyai berat 1,33 kg dan mengkombinasikan teknologi terkini seperti solid-state drive storage, sebuah LED backlit display, baterai tahan lama dan konektivitas nirkabel yang terbarukan. Mendapatkan peringkat ?Gold? dari Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT) untuk teknologi ramah lingkungan, yang memperkenalkan beberapa teknologi sadar lingkungan, seperti prosesor dengan tegangan rendah.

ThinkPad X300 notebook merupakan suatu titik sejarah yang penting bagi jajaran ThinkPad. ThinkPad telah menjadi perintis untuk desain notebook PC selama lebih dari 15 tahun, mengedepankan inovasi, dan fokus pada kebutuhan inti dari pengguna ThinkPad, yaitu kualitas, kehandalan dan fungsionalitas. Konsumen kami memberitahukan bahwa mereka menginginkan notebook yang tipis dan ringan serta mempunyai baterai, port USB dan tentu saja DVD burner. Penantian mereka telah berakhir dengan kehadiran ThinkPad X300, ThinkPad super tipis dan ringan yang pernah ada,? ujar Country Manager Lenovo Indonesia Sandy Lumy, melalui keterangan resmi, Kamis (28/2/2008).

Notebook ini dilengkapi dengan 4,6 cm 64 GB SSD yang menyediakan kinerja dua kali lebih besar dari hard drive 6.4 cm biasa. Teknologi ini menawarkan anti guncangan empat kali lebih tinggi dan memberikan kontribusi bagi rancangan5 ketipisan dan keringanan dari notebook ini. Terlebih lagi, notebook ini juga dilengkapi dengan Intel Centrino dengan teknologi vPro, dengan memori mencapai 4 GB dan teknologi Lenovo?s ThinkVantage.

"Tantangan yang kita bagi dengan Lenovo dalam pengembangan ThinkPad X300 adalah menciptakan sesuatu menjadi lebih kecil tanpa menghilangkan kemampuan kunci, seperti kinerja dan ketahanan baterai,? kata Mooly Eden, Corporate Vice President dan General Manager, Intel Mobile Platforms Group. ?Kontribusi Intel termasuk mengembangkan pengemasan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengecilkan platform Centrino Intel lebih dari 50 persen, sekaligus memberikan kinerja tinggi dan konsumsi energi yang rendah.?

Pada tes pertamanya, ThinkPad X300 notebook PC akan mendukung anggota tim pada pesawat terbang resmi Olympic Torch Relay Beijing 2008 yang akan melalui 137.000 kilometer, marathon lima- benua bulan depan. Akan berangkat dari kota torch relay pada larut malam hari dan tiba pada kota berikutnya pada pagi hari, dan tanpa ada kesempatan untuk kesalahan, tim pembawa obor akan mengandalkan teknologi Lenovo untuk mendukung hampir 22.000 pembawa obor, di lebih dari 130 kota di seluruh dunia.

ThinkPad X300 notebook diklaim sebagai salah satu PC paling ramah lingkungan di industri sehingga mendapatkan peringkat Gold oleh EPEAT. Lenovo menciptakan notebook ini untuk memasangkan teknologi sadar teknologi seperti energy-efficient SSD dan arsenic-free LCD glass dan mercury-free LED displays. LED display yang memiliki efisiensi energi membantu ThinkPad X300 notebook meraih 35 persen konsumsi energi lebih rendah dari model yang sebelumnya. Lenovo juga menggunakan kemasan yang dapat di daur ulang.

ThinkPad X300 notebook akan mulai dijual dengan harga sekira USD2.000. Notebook ini akan tersedia dalam jangka waktu tidak lama lagi.