NEW YORK - Tengah Juli ini, Microsoft Corp akan menawarkan layanan langgan baru untuk perangkat lunak aplikasi perkantoran Microsoft Office dan antivirus OnceCare Live dalam satu fitur langgan (subscription) yang disebut dengan Equipt.

Software Equipt yang dibandrol sekira USD70 per tahunnya rencananya akan didistribusikan melalui gerai Circuit City Stores Inc yang terbesar di 700 gerai.

"Perjanjian dengan Circuit City Stores Inc bukanlah hal yang ekslusif karena Equipt juga akan tersedia di sejumlah retailer lain seperti Dell Inc nantinya," kata product manager the office group Bryson Gordon, seperti dikutip NewsFactor, Minggu (6/7/2008).

Ini merupakan program bundling kedua Microsoft setelah sebelumnya Microsoft melakukan bundling serupa bertajuk Albany yang meliputi aplikasi perkantoran Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Sementara One Care Live adalah aplikasi security yang diberikan Microsoft dengan cuma-cuma.

Sejumlah pengamat menilai tarif langgan Equipt cukup murah bila dibandingkan harga paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang berkisar sekira USD200 per satuan.

Sementara itu, Microsoft juga mengumumkan peluncuran versi terbaru Microsoft Office yang dikenal dengan Office 13 pada awal 2009 mendatang. Terkait dengan fitur langgan yang ditawarkan Microsoft, bagi user yang terdaftar sebagai pelanggan Equipt tidak akan dikenakan biaya semahal membeli paket Office 14 baru untuk meng-upgrade aplikasi perkantorannya.

Kabarnya, Equipt bisa diinstalasi di maksimal tiga PC dan diberikan layanan update secara otomatis apabila terdapat perubaan dari Microsoft.