MacBook

SAN FRANCISCO - Apple melaporkan bahwa pertumbuhan pendapatannya bertambah sekira 43 persen pada kuartal kedua fiskal. Itu dibarengi profit yang meningkat sekira 36 persen seiring angka penjualan Mac yang begitu besar kendati ekonomi sedang menurun.

Berdasarkan laporan akhir kuartal pertama tahun ini, Apple telah berhasil menjual sekira 2,3 juta Mac ke seluruh dunia, menanjak 51 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Sedangkan revenue Apple meningkat sebesar kurang lebih 54 persen.

Apple juga tercatat telah menjual sekira 10,6 juta unit iPod, melonjak satu persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini berdampak pada meningkatnya revenue penjualan media player portable Apple yang meningkat sekira delapan persen.

Untuk produk iPhone, sejak diluncurkan pada akhir musim panas lalu, iPhone telah berhasil menjual sekira 5,7 juta unit. Angka ini bahkan sudah melampaui setengah target penjualan tahun ini yang sebelumnya dipatok Apple sebanyak 10 juta unit pada saat peluncurannya.

Apple dilaporkan telah meraup keuntungan sebesar USD7,51 miliar pada kuartal satu tahun ini. Pendapatan bersihnya meningkat sekira USD1,05 miliar. Dalam kuartal ketiga fiskal, ramalan Apple adalah USD1 per saham pada revenue USD7,2 miliar.

"Kami sangat gembira saat mengetahui pertumbuhan revenue mencapai 43 persen. Ini mencatat sejarah baru untuk Apple," ujar chief executive Apple Steve Jobs dalam pernyataanya, yang dikutip InformationWeek, Sabtu (26/4/2008).

"Dengan revenue mencapai lebih dari USD17 miliar dalam setengah tahun fiskal pertama, kami mempunyai momentum kuat untuk meluncurkan beberapa produk baru dalam kuarter berikutnya," imbuh Steve.

Muhammad Chandrataruna - Okezone