BARCELONA - Sony Ericsson (SE) dan Microsoft rupanya akan bekerja sama dalam pembuatan smartphone perdana SE yang akan dibenamkan sistem operasi Windows Mobile untuk disebar akhir tahun ini.

Vendor ponsel ke empat terbesar di dunia ini mengukuhkan posisi Wndows Mobile sebagai sistem operasi yang digunakan oleh hampir semua ponsel di dunia, kecuali Nokia.

Ponsel tersebut, dikabarkan Reuters, Senin (11/2/2008), akan bertajuk Sony Ericsson X1 yang didesain slider dengan mengusung keyboard qwerty dan layar sentuh.

Pada tahun 2007, sekira 123 juta unit smartphone terjual habis dari total 1,14 miliar ponsel yang tersebar di dunia. Dari angka tersebut, Nokia menguasai hampir 40 persen dengan penjualan 19 juta unit smartphone, hanya pada kuartal keempat tahun kemarin.

Microsoft sendiri saat ini telah bekerja sama dengan lusinan vendor handset termasuk empat vendor yang masuk dalam lima besar dunia, khususnya vendor samrtphone asal Taiwan HTC, yang tercatat sebagai pelanggan setia Microsoft dalam menggunakan Windows Mobile