NEW YORK - Pada umumnya orang mengenal eBay sebagai tempat membeli barang-barang biasa atau barang bekas orang terkenal. Pandangan itu coba diubah dengan meluncurkan situs yang sarat kepedulian lingkungan.

worldofgood.com baru saja diluncurkan eBay sebagai bentuk kepedulian untuk menjadikan bumi menjadi planet yang lebih baik sekaligus mengubah persepsi publik tentang imej eBay selama ini. Situs ini diluncurkan untuk menjadi komunitas online yang berorientasi pada tujuan sosial dan lingkungan.

"Kami ingin membantu konsumen meluruskan nilai-nilai sosial masyarakat melalui keputusan belanja mereka," terang WorldofGood.com general manager Robert Chatwani seperti yang dikutip di CNN, Minggu (7/8/2008).

Situs yang dikembangkan oleh World of Good Inc. ini menjual barang yang berefek positif untuk sesama manusia dan lingkungan. Para shopper bisa menemukan berbagai produk dengan kategori sosial atau lingkungan tertentu sesuai kebutuhan.

Kehadiran worldofgood.com ini disambut antusias oleh pasar Amerika. Menurut laporan dari Natural Marketing Institute, diperkirakan sudah tercapai keuntungan sebesar USD209 miliar di tahun 2005, dan akan meningkat menjadi USD420 milyar di 2010.

Seperti juga di eBay, worldofgood.com menarik biaya bagi yang menjual barang di situs tersebut dan harus membayar komisi kepada eBay untuk item yang sukses terjual. Semua transaksi penjualan akan diproses menggunakan system pembayaran elektronik milik eBay, Paypal.

Sejauh ini� situs yang sudah beroperasi dari 6 bulan lalu ini sudah berhasil menarik ratusan penjual, termasuk penjual yang sudah lebih dulu berjualan di eBay.