CEO Microsoft Steve Ballmer (Reuters)

LONDON - Microsoft akan membeli Greenfield Online, pemilik website perbandingan harga populer di Eropa, ciao.com, senilai USD486 juta.

Langkah itu dilakukan Microsoft untuk mendongkrak bisnis pencarian Internet dan e-commerce di Eropa. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Senin (1/9/2008). Microsoft menyebutkan akuisisi itu akan membantu dalam pengembangan mesin pencari yang bersahabat dengan konsumen.

"Kami menyebutnya 'jawaban instan'," kata John Mangelaars, kepala bisnis online Microsoft di Eropa.

Berdasarkan ComScore, pencarian di Internet saat ini didominasi oleh Google, yang menguasai 62 persen pasar global dan 79 persen pasar di Eropa. Sedangkan Microsoft memiliki market share sebesar 2 persen di Eropa dan 9 persen secara global.

Mangelaars mengatakan, pembelian ciao.com merupakan langkah penting dalam upaya Microsoft untuk menyediakan hasil yang lebih berguna bagi konsumen, terutama para pembeli, dibanding yang hasil pencarian di Google.

Sebagai contoh, hasil yang didapat ketika mencari sebuah model kamera melalui Microsoft akan termasuk harga yang tersedia di pengecer, sekaligus mencakup peta keberadaan toko pengecer. Hasil itu tidak sekadar link yang mengarahkan ke situs produsen atau pengecer.