CALIFORNIA - Sebuah pesawat yang dapat membawa beberapa penumpang menuju ke bulan kini berhasil dikembangkan. Pesawat tersebut dikembangkan oleh pemilik maskapai penerbangan Virgin Galactic, Richard Branson.

Pesawat dengan nama WhiteKnightTwo telah dipamerkan kemarin, Senin (28/7/2008). Kabarnya, pesawat ini mampu terbang di tingkat altitude yang paling tinggi sekalipun. Materi badan pesawat dibuat dua rangkap dengan sayap yang memiliki lebar sekira 43 meter.

Para penumpang ini nantinya akan dibawa terbang dengan WhiteKnightTwo hingga ketinggian 50.000 kaki. Saat itulah sebuah pesawat luar angkasa dengan nama SpaceShipTwo, yang disembunyikan di antara lambung WhiteKnightTwo, akan dilepas layaknya sebuah roket. SpaceShipTwo akan melandaskan penumpang di atas permukaan bulan untuk memulai wisata luar angkasa.

Dilansir melalui Associated Press, Selasa (29/7/2008), Virgin Galactic mengkomersilkan penerbangan ini seharga USD200.000 untuk satu orang penumpang. Branson mengaku bahwa sekira 200 orang sudah mendaftar untuk menjadi penumpang pertama yang akan terbang ke bulan dengan WhiteKnightTwo. Banyaknya penumpang yang berminat, diharapkan Branson, dapat menurunkan harga tiket pesawat dalam waktu lima tahun ke depan.

Beberapa penumpang yang telah mendaftar di antaranya adalah ahli Fisika Stephen Hawking, artis Victoria Principal dan desainer Philippe Starck.

Virgin Galactic merupakan salah satu dari maskapai yang menawarkan perjalanan wisata ke bulan. Perusahaan tersebut akan bersaing dengan Europe's EADS Astrium, Blue Origin, Space Exploration Technologies (SpaceX), Rocketplane Kistler, dan Bigelow Aerospace (yang juga berencana mengembangkan bisnis hotel di bulan).

Namun perusahaan pertama yang membuka peluang dalam bisnis pada tahun 2001 ini adalah Space Adventures of Vienna, yang menggunakan pesawat luar angkasa milik Rusia Soyuz untuk menerbangkan pebisnis dunia bernama Dennis Tito setelah merogoh kocek sedalam USD20 juta.