BEIJING - China akan meluncurkan kapal luar angkasanya yang ke tiga pada bulan September nanti. Langkah ini merupakan aksi berjalan di orbit untuk pertama kalinya bagi negara tersebut.

"Peluncuran pesawat dengan nama Shenzhou 7 ini akan dilakukan antara 25 hingga 30 September," ujar juru bicara badan luar angkasa China, seperti dikutip Associated Press, Senin (8/9/2008).

Pesawat tersebut nantinya akan diluncurkan dari pusat peluncuran Satelit Jiuquan, yang terletak di sebelah barat Propinsi Ganshu. Pesawat tersebut akan membawa tiga orang astronot. Salah satu dari ketiga astronot tersebutlah yang akan melakukan berjalan di sekitar orbit.

Masyarakat China, dan bahkan dunia, akan menjadi saksi langsung dari sejarah China ini karena perjalanan yang dilakukan astronot tersebut akan disiarkan langsung dengan menggunakan kamera yang diletakkan di dalam dan di luar pesawat.

Pada tahun 2003, China menjadi negara ketiga di dunia, setelah Amerika dan Rusia, yang berhasil memberangkatkan astronotnya ke bulan. Bahkan pada tahun 2005 China berhasil mengorbitkan dua orang astronot untuk misi luar angkasa.

Tahun kemarin China berhasil menerbangkan pesawat uji coba untuk meneliti bulan, sebulan setelah Jepang melakukan hal yang sama.